Di Balik Desain New SUV Mitsubishi, Akan Jadi ‘Game Changer’ Lagi?

Di Balik Desain New SUV Mitsubishi, Akan Jadi ‘Game Changer’ Lagi?

Mitsubishi Motors Corporation membuka selubung mobil barunya di Jakarta kemarin (31/07). Desain New SUV Mitsubishi, begitu mobil tersebut dijuluki, sementara ini, dibekali bentuk yang memang khas pabrikan tiga berlian itu.

Desain New SUV Mitsubishi yang dibawa dikatakan sebagai ‘game changer’ bagi pasar SUV ringkas. Istilah game changer juga digemborkan Mitsubishi saat pertama kali Xpander diperkenalkan dengan desain yang menggebrak. Kala itu, sales Toyota, Daihatsu dan Honda kelabakan melihat dagangannya terancam oleh bentuk Xpander yang memikat calon konsumen. Diharapkan, SUV Mitsubishi ini juga akan bisa menghebohkan.

New suv Mitsubishi

Itu perlu pembuktian nanti, saat GIIAS 2023 mobil ini resmi dipasarkan. Yang pasti, desain yang dibawa memang tidak jauh dari versi konsepnya. tema bentuk yang dibawa bernama Silky & Solid. Pengembangan desain dipimpin oleh Seiji Watanabe, Division General Manager, Design Division, Mitsubishi Motors Corporation.

Menurut MMC, bentuk ini merupakan desain SUV autentik yang stylish dan kokoh, juga menggabungkan keanggunan dan ketangguhan. Sehingga menghasilkan gaya yang berkesan berwibawa baik di kota besar di wilayah ASEAN (yang jadi target pemasaran) hingga alam bebas. Setuju atau tidak, kami serahkan kepada Anda. Tapi kami untuk sementara ini suka dengan bentuknya.

Seiji Watanabe

Meski ada saja yang bilang depannya mirip Lamborghini Urus, pinggang belakangnya ada kesan Chevrolet Trax, tapi hasilnya memang meyakinkan. Mukanya tetap membawa kesan Dynamic Shield yang kental. Tentunya dengan evolusi yang sesuai. Posturnya pas untuk sebuah SUV ringan, dengan ground clearance 222 mm. Tapi kami harus bilang, peleknya bisa punya desain yang lebih baik.

Tatanan lampu LED di depan yang membentuk T, membuat mobil terlihat lebar. Kesan ini lantas diperkuat oleh grill heksagonal yang meluas ke bawah. Memberikan asupan udara untuk radiator dan komponen lainnya.

Tanpa Sunroof

Dari samping, moncongnya terlihat tegak, selaras dengan lekukan di buritan. Lampu belakang juga dibuat serasi dengan depan dengan membentuk huruf T. Bagian samping terlihat minim lekukan tajam, membuat desain samping terlihat hampir bersih.

Belakangnya SUV baru Mitsubishi

Kami katakan hampir karena diatas over fender ada lekukan lagi membentuk spakbor. Entah kenapa ada di lengkungan di situ. Mungkin untuk menegaskan kesan gagah. Pinggang belakangnya punya lekukan yang melebar, memberikan kesan kekar. Diimbangi dengan jarak pijak roda yang terlihat lebar. Itulah deretan kombinasi yang disebut sebagai Silky & Solid tadi. 

Tidak ada sunroof atau panoramic roof di mobil ini. Menurut Watanabe, ini demi menghemat bobot. Kami setuju dengan absennya benda itu. Sunroof atau panoramic roof kadang fungsinya hanya sebagai aksesoris yang akan merepotkan seiring berjalannya waktu. Namun ia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan ke depannya akan ada varian dengan atap kaca.

Mitsubishi New SUV side

Informasi umum lainnya, New SUV Mitsubishi ini akan dirakit di Indonesia untuk pasar lokal dan ekspor. Mesinnya 1,5 liter seperti yang pernah kami sampaikan. Transmisi CVT akan meneruskan daya ke roda depan (FWD). Mode berkendaranya ada empat: Normal, Wet, Gravel dan Mud. Dua yang terakhir itu kami juga sangat setuju, mengingat kondisi cuaca di Indonesia yang kadang menyulitkan berkendara. Kita tunggu informasi lainnya di GIIAS 2023 nanti. Yang pasti, desain New SUV Mitsubishi ini cukup meyakinkan. 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top