Geely Tampilkan Fastback GT EV JiYue 07

Geely Tampilkan Fastback GT EV JiYue 07

Baru saja Geely meluncurkan produk terbarunya melalui brand Zeekr. Kini muncul satu lagi yakni JiYue 07. Mobil listrik ini merupakan hasil garapan bersama antara Geely Group dengan perusahaan teknologi RRC, Baidu. Jeda waktunya tak lama, menyusul model SUV JiYue 01 yang diluncurkan pada Oktober 2023 lalu.

Jiyue 1

Usaha patungan antara Geely dan Baidu yang dimulai sejak tahun 2021 lalu ini diawali dengan kepemilikan saham sebesar 55 persen oleh Baidu. Restrukturisasi modal dan organisasi dilakukan kemitraan bersama ini. Hasilnya, Geely yang kini memiliki andil saham 65 persen menangani sektor manufaktur produksi.

Sedangkan pengembangan software, teknologi konektifitas, multimedia dan pengendaraan otonom ditangani oleh Baidu yang memegang andil saham sebesar 35 persen.

Mid-size Fastback Rival Tesla

Tampilan JiYue 07 nampak seperti sebuah fastback GT ala Eropa seperti Aston Martin dan Maserati. Banyak elemen desain yang diadopsi dari saudaranya yakni JiYue 01 dan juga brand lain di bawah naungan Geely. Lebih dari itu, inilah hasil pengembangan dari konsep desain Jidu Robo-2 yang tampil di Auto Shanghai 2022.

Jiyue 6

Dari bagian depan, calon rival Tesla Model 3 ini mengikuti gaya desain yang tengah trend. Headlamp LED berbentuk anak panah dan lampu DRL LED model light bar yang melebar sangat kontras dengan air intake hitam pada bemper depan.

Garis atap yang mengalir dinamis dari depan hingga belakang jadi salah satu daya tarik pada mobil ini. Lampu belakang model light bar diadopsi dari JiYue 01. Atap kaca panoramik yang menyambung hingga ke kaca belakang membuat JiYue 07 terlihat mewah dan sangat atraktif.

Jiyue 5

Untuk kemasan interior sayangnya tak diungkap secara detail. Hanya terdapat unggahan foto yang memperlihatkan desain interior minimalis. Panel layar digital terintegrasi nampak terpampang melebar di sepanjang dashboard. Desain setirnya pun terlihat unik dengan gaya semi futuristik.

Tak ada yang bakal menduga jika JiYue 07 berhasil meraih predikat sebagai mobil listrik dengan desain terbaik dari Red Dot Award 2023 di Jerman dan iF Design Award 2023.

Rancang Bangun Kembaran Volvo

Nah, salah satu aset teknologi yang dimiliki oleh Gelly Group adalah Volvo. Jadi tak heran jika rancang bangun mobil ini berbasis platform modular SEA milik Geely seperti yang digunakan Volvo EX90, Volvo EX30, Polestar 4. Mobil produk Geely lainnya seperti Zeekr 001, Zeekr X, Zeekr 009, dan Zeekr 007 juga menggunakan platform serupa.

Jiyue 3

Untuk sistem penggerak, basisnya sama seperti pada Jiyue 01. Variant termurah Geely JiYue 07 dibekali motor elektrik tunggal berdaya 268 hp plus baterai berkapasitas 71.4 kWh. Jarak jelajahnya mampu mencapai 550 km (berdasarkan uji CLTC di RRC).

Variant teratas dikabarkan bakal dibekali motor elektrik ganda dengan output kombinasi 536 hp. Kapasitas daya baterai yang digunakan pun lebih besar yakni 100 kWh. Jarak jelajah pun lebih jauh yakni 720 km berdasarkan standar siklus CLTC.

Jiyue 2

Seperti halnya JiYue 01, mobil ini bakal dilengkapi teknologi sistem pengendaraan otonom Level 4 Apollo yang digarap oleh Baidu. Nampaknya Geely tak ingin kalah saing dari brand papan atas Eropa dan AS serta kompetitor senegaranya seperti BYD. Geely JiYue 07 akan diluncurkan dan dipasarkan secara resmi pada pertengahan tahun ini.

 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top