Honda Z50R, Sepeda Motor Mungil Berpenampilan Garang

Honda Z50R, Sepeda Motor Mungil Berpenampilan Garang

Sebenarnya banyak ide menarik yang sayang untuk dilewatkan. Hal inilah yang pernah dilakukan oleh Honda dalam menciptakan sepeda motor mini Honda Z. Ide awalnya bermula dari keperluan untuk taman hiburan Tama Tech di Tokyo, Jepang. Wajar saja, sebab Honda memiliki taman hiburan Tama Tech tersebut.

Taman hiburan Tama Tech memiliki sejumlah atraksi dan wahana yang berfokus pada dunia motorsport. Salah satunya ialah trek balap motor trail, sehingga dibutuhkan sepeda motor trail mini untuk dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Motor trail mungil pun segera dirancang agar menarik banyak pengunjung Tama Tech di tahun 1961.

Honda Z50R 2

Untuk pasar lebih luas

Motor ini dirancang untuk memberikan keseruan berkendara dan harus punya kepraktisan. Jika setangnya dilepas, maka Honda Z50 mampu diletakkan di dalam bagasi mobil pemiliknya atau diangkut saja secara mudah dengan mobil minivan maupun pickup. Selanjutnya, Honda memutuskan untuk membuat motor trail mini ini untuk pasar yang lebih luas.

Di era yang sama, banyak produsen yang membuat motor berukuran mini dengan frame yang seadanya dan menggunakan mesin pemotong rumput yang bising. Kreasi tersebut berhasil memikat sejumlah konsumen yang menginginkan ‘mainan’ baru untuk anak mereka. Singkat kata, motor yang menyenangkan bagi kanak-kanak.

Honda Z50R 3

Menyenangkan untuk segala usia

Honda punya solusi lain untuk menghadirkan motor mini yang tak hanya menyenangkan untuk dikendarai, namun juga dapat digunakan oleh orang dewasa dan kanak-kanak. Hasilnya ialah diperkenalkannya Z100 di tahun 1964 dan dilanjutkan oleh Z50A di tahun 1969.

Yang paling hits di banyak konsumen global ialah Honda Z50 dan langsung menyandang julukan ‘Monkey Bike’, sebab posisi tangan pengendara yang seolah seperti postur seekor monyet sedang mengendarai motor mungil. Seiring perkembangan zaman, Honda Z50 hadir dengan berbagai varian untuk mengakomodir kebutuhan konsumen.

Honda Z50R 4

Varian Z50R bergaya kompetisi

Salah satu varian yang dari Honda Z yang cukup jarang beredar ialah Z50R. Sebab motor trail mungil ini lebih bergaya kompetisi dibandingkan tampilan yang ‘imut’. Model ini dianggap menjadi varian pamungkas dari seri Z, sampai berakhir di tahun 1999. Honda Z50R ini mengusung mesin yang serupa dengan sedikit penambahan tenaga. Namun, penampilan fisiknya sudah berubah drastis.

Di Indonesia, populasinya cukup langka dan kami beruntung untuk menemukan salah satu unit Honda Z50R keluaran 1994. Kondisinya masih tergolong orisinil dan masih berfungsi normal. Selain kanak-kanak, pengendara dengan tinggi badan di bawah 170 cm yang pas untuk menunggangi motor ini.

Honda Z50R 5

Motor ini ditenagai oleh mesin empat langkah satu silinder berkapasitas 49 cc dan berpendingin udara. Meski teknologinya amat sederhana, namun terbukti memiliki durabilitas yang amat baik dan mudah dalam perawatannya. Sistem penggeraknya juga serupa motor bebek dan menggunakan kopling sentrifugal.

Untuk harga, saat ini sepertinya masih cukup menarik, dengan kisaran Rp 35 juta hingga nyaris Rp 50 juta. Jika Anda suka motor Jepang, apalagi yang berukuran mini, maka Honda Z50R ini patut dipertimbangkan dan diburu. Terutama yang kondisinya masih belum tersentuh ‘tangan jahil’ dan masih banyak menggunakan komponen bawaan pabrik.  


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top