KTM Super Duke 1390 2024, Kompetitor Wajib Khawatir

KTM Super Duke 1390 2024, Kompetitor Wajib Khawatir

Andalan KTM di motor besar mengalami perubahan total tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. KTM 1390 Super Duke R dan R Evo model 2024 diumumkan kehadirannya oleh KTM beberapa hari lalu secara daring.

Perkenalan Super Duke 1390 baru ini juga bertepatan dengan 30 tahun hadirnya nama Duke di jajaran KTM. Mesin V Twin-nya kini dibekali camshaft baru dan throttle body berukuran lebih besar. Hasilnya, motor bertenaga 190 hp pada 10.000 rpm. Torsinya 145 Nm pada 8.000 rpm. Tidak heran, julukan the Beast secara meyakinkan menempel di motor ini.

Super Duke 1390

Tampilannya juga selaras dengan performa yang ditawarakan. Body ala naked bike dilengkapi lampu depan yang khas KTM tapi nyeleneh. DRL model sabit mengapit lampu utama model tumpuk di dalamnya. Rangka warna oranye dibiarkan terbuka, memperlihatkan kokohnya batang chassi model tubular. Body terlihat tegas dengan spoiler di samping tangki berbentuk tajam.

Supensi MotoGP

Kaki depannya dibuat oleh WP Apex dengan model garpu up side down dengan diameter 48 mm. Lengan ayun belakang ditopang oleh monoshock yang juga dibuat oleh WP Apex. Versi 1390 R Evo, yang banyak dibekali teknologi elektronik, dipasangkan suspensi semi aktif, yang bisa secara otomatis mengatur kekerasan suspensi. Pengendaranya bisa memilih mode Sport, Rain, Comfort atau Auto. Menurut KTM, kaki-kaki the beast ini didesain untuk stabilitas di kecepatan tinggi dan nyaman saat dikendarai pelan.

KTM Super Duke 2024 1

Khusus untuk 1390 R, KTM memberikan opsi mode berkendara tambahan yaitu Pro dan Track. Ini akan didapatkan pembeli yang memilih opsi paket Suspension Pro. Opsi menarik lainnya utuk varian tersebut adalah Factory Start. Sistem ini, digabung dengan launch control, akan menurunkan ketinggian suspensi belakang. Persis seperti motor MotoGP waktu mau start.

Pengeremannya mengandalkan sistem yang dibuat oleh Brembo. Di depan, sepasang cakram 320 mm dijepit oleh kaliper dengan empat piston. Belakangnya tersedia cakram tunggal berukuran 240 mm dengan kaliper dua piston. Sayang sekali, KTM belum mengumumkan harga dan kapan akan tersedia di dealer. 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top