Mobil Konsep Toyota Terbaru Mirip Suzuki eVX, Kok Bisa?

Mobil Konsep Toyota Terbaru Mirip Suzuki eVX, Kok Bisa?

Toyota Eropa mengumumkan kehadiran mobil konsep berpenggerak listrik, Toyota Urban SUV. Ini adalah cikal bakal mobil tinggi untuk penggunaan yang mayhoritas di dalam kita. Bentuknya compact dan tentunya dengan griund clearance tinggi dan kepraktisan yang mumpuni.

Yang menarik, Toyota Urban SUV Concept ini berbasis Suzuki eVX, yang saat ini sedang menjalani proses uji coba jalan raya. Akan ada banyak komponen yang dibagi diantara keduanya. Bukan cuma platform, tapi sampai ke beberapa baagia panel body dan interior. Kenapa bisa begitu? Pertama, Toyota punya saham minoritas di Suzuki. Kedua, model kembar antara kedua pabrikan Jepang itu bukan hal baru. COntoh, Innova Zenix jadi Suzuki Invicto, RAV4 jadi Suzuki Across Suzuki Baleno ganti logo jadi Toyota Starlet dan sebagainya.

Toyota Urban SUV COncept

Tentu, fasia keduanya dibedakan sesuai desain khas masing-masing. Tapi secara dimensi, akan mirip. Toyota mengatakan panjang mobil ini 4.300 mm dengan lebar 1.820 mm. Tingginya 1.620 mm dengan wheelbase 2.700 mm. Dari semuanya, Toyota Urban SUV hanya 20 mm lebih rendah dan sempit. Panjang dan wheelbase-nya identik.

Desain bZ

Secara bentuk Anda akan banyak melihat siluet keluarga Toyota bZ di mobil ini. Terutama bZ Compact SUV Concept yang diperlihatkan tahun lalu. Body dihiasi tekukan bersudut tajam, DRL membentuk sabit serta bempernya terlihat bersih. Fender yang lebar dan postur tinggi membuat mobil terlihat kekar dan gagah, biarpun ini mobil kota.

Yang sangat mirip dengan eVX adalah bagian belakang. Sudut kemiringan kaca buritan sepertinya identik, tapi posisi handle pintu belakang dipindah ke pilar di Toyota. Sayang, interior pastinya belum terlihat. Tidak seperti Suzuki eVX yang sudah ‘tebar pesona’.

Urban SUV Concept

Menurut Autocar India, Toyota Urban SUV Concept kemungkinan akan dirakit berdampingan dengan Suzuki eVX di negara itu. Ini berdasarkan pernyataan Toyota yang bilang bahwa dari tiga EV SUV akan dilepas ke pasaran dalam waktu dekat, satu akan dirakit di India. Untuk saat ini, Urban SUV Concept lebih ditujukan untuk pasar Eropa, meski tidak menutup kemungkinan akan hadir di pasar otomotif secara global.

Kapan hadir? Diperkirakan hanya beberapa bulan setelah Suzuki eVX diluncurkan tahun 2024 nanti. Yang pasti, Toyota Eropa akan menjadikan mobil ini sebagai tulang punggung penjualan mereka di benua itu.

mobil konsep suzuki evx

Suzuki eVX Concept


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top