Mobil Listrik Mitsubishi Minicab EV Mulai Dirakit di Cikarang, Dijual Tahun Depan

Mobil Listrik Mitsubishi Minicab EV Mulai Dirakit di Cikarang, Dijual Tahun Depan

Kejutan datang dari pabrikan Tiga Berlian. Mitsubishi Motors Corporation Jepang mengumumkan mereka menunjuk PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) untuk merakit mobil listrik Mitsubishi Minicab EV. Atau yang akan disebut sebagai Mitsubishi L100 EV di pasar tanah air.

Keputusan ini dilatar belakangi oleh upaya intensif di berbagai bidang yang bertujuan untuk mencapai masyarakat netral karbon. Selain itu, adanya peningkatan permintaan kendaraan listrik untuk kegiatan bisnis logistik dan komersial yang berkelanjutan. Melalui keputusan ini, Mitsubishi Motors akan berkontribusi pada pengurangan emisi CO2.

Menurut Mitsubishi, Minicab EV adalah kendaraan dengan desain monobox yang dilengkapi dengan sistem EV serupa i-MiEV. Penempatan baterai penggerak di bawah tengah lantai diklaim membuat komponen EV terpasang tanpa mengorbankan ruang kargo. Penempatan tersebut juga membuat titik bobot lebih rendah. Efeknya, memberikan stabilitas dan pengendaraan yang mumpuni.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan, “Penetapan Indonesia sebagai negara pertama yang melakukan produksi lokal Minicab MiEV / L100 EV (di luar Jepang) merupakan langkah signifikan bagi Mitsubishi Motors.”

Mulai Tahun Depan

Minicab EV akan disebut sebagai L100 di Indonesia.

Lalu, kapan akan mulai dipasarkan? “Dengan kajian yang telah dilakukan sebelumnya di Indonesia terkait efisiensi penggunaan BEV pada segmen kendaraan niaga ringan, kami siap untuk mulai memasarkan produk ini di Indonesia pada awal tahun depan,” tegas Kurita-san.

Mitsubishi Minicab EV akan dirakit di fasilitas pabrik MMKI di Kabupaten Bekasi. Dengan luas lahan 30 hektar, pabrik ini mampu merakit 220.000 kendaraan setiap tahun. Saat ini dengan kekuatan 3.900 tenaga kerja, mereka merakit Pajero Sport, Xpander, Xpander Sport dan yang paling baru, Mitsubishi Xforce.

Seperti produk-produk tersebut, Minicab EV juga sepertinya akan merambah pasar ekspor. Terutama di kawasan ASEAN. “Pada tahun 2017, MMKI memulai produksi Xpander yang kini tidak hanya dijual di dalam negeri di Indonesia, tetapi juga diekspor untuk mendukung perkembangan industri otomotif Indonesia,” kata Takao Kato, President dan CEO Mitsubishi Motors.

Kato juga mengharapkan dengan dimulainya produksi pertama kendaraan listrik di luar Jepang ini, bisa memenuhi permintaan kendaraan listrik yang terus meningkat di kawasan ASEAN. “Dan pada saat yang sama berkontribusi pada inisiatif lingkungan hidup di negara ini,” tambahnya.

Selain itu, MMKI juga akan memulai ekspor Mitsubishi Pajero Sport ke pasar Thailand dan Australia mulai 2024 nanti. 

 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top