Moto Morini Calibro, Motor Italia Dengan Sekelumit Rasa Amerika

Moto Morini Calibro, Motor Italia Dengan Sekelumit Rasa Amerika

Brand ini mungkin tidak terlalu ‘ngetop’ di luar negara Italia atau di luar wilayah Eropa. Namun, sebenarnya perusahaan yang didirikan oleh Alfonso Morini sudah beroperasi sejak tahun 1937. Sedangkan produk sepeda motor pertamanya diperkenalkan di tahun 1946, yaitu Moto Morini 125. Selanjutnya, Moto Morini melebarkan mulai menggarap pasar ekspor di tahun 1965.

moto morini calibro 8

Pada tahun 2005, pabrikan ini melakukan ‘relaunch’ untuk membuka peluang pasar baru. Dan di tahun ini, Moto Morini memperkenalkan Calibro. Sebuah motor berjenis cruiser yang memiliki karakter layaknya motor buatan Amerika dan disesuaikan untuk konsumen yang berjiwa petualang. Proyek ini didesain seutuhnya di kota Trivolzio, Italia.  

Nama Calibro mencerminkan jiwa Moto Morini dalam membuat motor custom. Dapat digunakan sehari-hari, tapi tidak ‘malu-maluin’ ketika dipakai di perjalanan jarak jauh. Formulanya ialah menciptakan sepeda motor yang mudah dikendalikan, tapi bertampang agresif dan modern. Nah, aspek agresif direfleksikan lewat desain tangka bahan bakar yang kekar. Sedangkan kesan modern ditampilkan melalui penggunaan lampu LED.

moto morini calibro 1

Moto Morini Calibro mengusung mesin DOHC berkapasitas 650 cc. Mesin dua silinder paralel ini memiliki output sebesar 47 hp, sehingga memberikan performa yang menyenangkan sekaligus mudah dirawat. Motor ini didukung dengan chassis double cradle yang kokoh. Velg alumunium berukuran 18 inci berada di bagian depan dan yang 17 inci untuk belakang.

Posisi duduk layaknya sepeda motor cruiser, menawarkan kenyamanan berkendara. Karena ketinggiannya hanya 720 mm dari permukaan jalan, sehingga menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi pengendaranya. Panel instrumen analog menampilkan semua informasi dari statur motor, sekaligus data berkendara.

moto morini calibro 2

Bagi konsumen yang menginginkan penampilan Calibro lebih fungsional untuk perjalanan jauh, maka Moto Morini menyiapkan varian Bagger. Varian ini dilengkapi dengan saddlebag kanan dan kiri, termasuk windshield. Pertanyaannya, apakah nantinya akan ada konsumen Indonesia yang memiliki kuda besi ini?


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top