Motor Kawasaki Versys Akan Bermesin Hybrid?

Motor Kawasaki Versys Akan Bermesin Hybrid?

Selama beberapa hari terakhir ini jagad sepedamotor dunia tengah dihebohkan seputar teknologi hybrid. Bukan cuma teknologinya saja, tapi model sepeda motor Kawasaki apa yang selanjutnya akan dibekali teknologi tersebut.

23kle650h 44sbk1drs3cg a high

Bermula ketika sebuah media berita asal Italia yakni Motociclismo menampilkan gambar rancangan konstruksi sepeda motor yang baru saja didaftarkan patentnya oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Konstruksinya sangat mirip motor Kawasaki Versys. Hanya saja sistem penggerak moge touring ini menggunakan mesin hybrid. Bukan mesin 650 cc seperti yang saat ini beredar di pasaran. 

Alternatif Rendah Emisi

Pembatasan emisi gas buang yang ketat tak hanya berimbas pada mobil saja, namun juga pada sepeda motor. Ruang gerak kuda besi peminum bensin bermesin konvensional secara perlahan dibatasi.

24MY Ninja 7 Hybrid SL1 ACT 5

Banyak pabrikan sepeda motor yang mengambil jalan alternatif tercepat. Memproduksi skuter serta sepeda motor elektrik.

Ini bukan semata-mata diversifikasi produk. Tapi langkah antisipasi jika tiba gilirannya era kuda besi peminum bensin “dipaksa’ bertransformasi jadi kuda plastik daur ulang penghisap elektron baterai. Sukses di pasaran? Tidak juga.

Para petinggi di Kawasaki punya pandangan lain. Jika mobil dan truk berteknologi hybrid bisa sukses, sepeda motor pun seharusnya bisa. Hanya soal bagaimana rancang bangunnya.

cq5dam web 1280 1280 2

Hasilnya, Ninja 7 Hybrid dan Z7 Hybrid adalah wujud perdana jika sepeda motor juga bisa dibekali teknologi hybrid. Keduanya sudah diluncurkan di Eropa sejak Oktober 2023 lalu.

Ninja 7 Hybrid dan Z 7 Hybrid dibekali mesin parallel-twin 451 cc DOHC plus motor elektrik berdaya 9kW. Sumber daya listrik untuk motor elektriknya dipasok dari baterai lithium-ion 48V berkapasitas 1,4 kWh. Kapasitas baterainya terbilang kecil.

Motor Ciamik

Siapa yang mengira jika output tenaga kombinasi yang dihasilkan sistem hybrid pada duo 7 Hybrid ini 68 hp. Tak kalah dari output tenaga sportbike kelas 700 cc, kondumsi BBM macam Ninja 250, tapi performa rasa Kawasaki Z1000.

Kawasaki Z Hybrid

Jika dibandingkan dengan output tenaga naked bike Versys 650 yang 66 hp, performa duo Ninja 7 dan Z 7 Hybrid terbilang setara. Bahkan boleh dibilang jauh lebih bagus.

Dari dimensi ukuran antara Z7 Hybrid dan Versys 650 pun hampir sama. Jadi agak masuk akal juga jika Versys bakal dijadikan model Kawasaki berikutnya yang dibekali teknologi hybrid. Tentu saja ada penyesuaian rancang bangun terutama seputar konstruksi sasis dan posisi penempatan motor elektrik hybrid serta baterainya.

Nah, sebagai motor touring tentu Versys punya jarak jelajah yang lebih jauh bila dibandingkan dengan Ninja atau Z series. Untuk pengendaraan jarak jauh tentu butuh baterai yang kapasitas dayanya lebih besar. Atau mungkin juga dengan motor elektrik hybridnya bakal diperbesar pula.

Sejauh ini hak patent rancangan konsep “Versys Hybrid” memang baru didaftarkan. Namun diyakini unit pra produksinya saat ini tengah dalam proses pengembangan. Jadi, hanya soal kapan unitnya bakal muncul…

 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top