Review Wuling Almaz RS Pro: Usaha Merebut Hati

Review Wuling Almaz RS Pro: Usaha Merebut Hati

Akhirnya cita cita kami sekeluarga untuk mencicipi mobil Wuling SUV kesampaian. Akhir tahun lalu, sebagai bagian dari krew Motomobi, kami ditugaskan untuk mengeksplorasi mobil SUV yang boleh dibilang sukses dan berhasil merebut hati pasar SUV di Indonesia. Ya, kami kebagian mencicipi dan merawat Wuling Almaz RS Pro terbaru. 

Eksterior

Perubahan yang paling mencolok dari penyegaran desain Wuling Almaz ini adalah grill depan yang lebar. Dilengkapi aksen bentuk berlian chrome dan DRL tipis yang membuat tampilan mobil ini lebih kekinian, gagah dan sangar. 

1704126141583 scaled

Dari samping, bagian roda mendapat sentuhan pelek berukuran 18 inci. Lingkar roda ini membuat Wuling Almaz Pro terlihat necis melibas jalanan ibu kota. Artinya, Wuling Almaz Pro ini akan irit sektor modifikasi pelek karena tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk upgrade ke 18 inch. Tapi itu masalah selera masing-masing.

1704126141870 scaled

Di  belakang, logo lima berlian yang cukup besar diganti dengan tulisan Wuling yang lebih bersahaja. Menurut kami, memberikan kesan lebih berkelas dibanding sebelumnya. Secara keseluruhan penyegaran tampang eksterior Wuling Almaz versi baru ini  berhasil memberikan citra yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. SUV kekinian.

1704126141752 scaled

Interior

Bagian yang paling menyenangkan adalah suguhan interior.  Pertama kali membuka kabin, aura sporty yang didominasi warna hitam dengan aksen chrome langsung terasa. Desain interior keseluruhan membuat duduk di kursi pemgemudi maupun penumpang terasa “naik kasta”. Dengan jok kulit serasa duduk di dalam mobil SUV Eropa. Dengan sentuhan Asia, tentunya.  

Pengaturan untuk sisi supir pun sudah menggunakan tombol elektrik untuk menemukan posisi duduk yang pas. Ada banyak tombol tombol yang membantu membuat hidup lebih mudah. Kami disuguhi setir dengan fasilitas tombol tombol untuk senam jari. Kontrol MID, audio, adaptive cruise control, semua tersedia. Jempol kami merasa puas.

Namun yang lebih penting dari sekedar tombol tombol, adalah pengaturan tilt dan telescopic steering yang tersedia. Hal ini penting, karena membuat proses pengaturan kenyamanan posisi mengemudi menjadi maksimal untuk semua postur tubuh. Termasuk badan kami yang tidak langsing.

int wuling almaz

Menurut kami salah satu kekuatan Wuling adalah sistem multimediadengan OS yang dilokalisasi untuk negara kita. Contoh, interaksi perintah suara dengan Bahasa Indonesia. Tanpa uji coba yang serius, kami sebagai pengguna android auto dan apple car play, paham betul tidak mudah untuk mengkonversi teknologi ini menjadi versi Bahasa Indonesia. Untuk bagian ini, kami angkat jempol untuk Wuling.

Kenikmatan mengendarai Wuling Almaz RS Pro didukung speaker Infiniti. Tidak mengecewakan untuk audio bawaan pabrik.  Sayang pada saat uji coba, kami tidak berhasil untuk memaksimalkan Spotifiy seperti di Apple Car Play atau di Android Auto. Mungkin harus login terlebih dulu ke My Wuling.  Audio yang baik ditambah dengan kekedapan kabin yang cukup, rasanya sudah memenuhi syarat untuk jadi mendukung perjalanan jauh.

sunroof

Semakin lengkap pula kenikmatan duduk di kabin Wuling Almaz Pro RS, karena kabin menjadi terasa luas, lega dan terang dengan disediakannya electric panoramic Sun Roof.  Kalau malas tekan tombol utnuk membuka, tinggal memberikan perintah suara.  

Fitur Kekinian

Konfigurasi tempat duduk 3-baris dengan kursi belakang yang dapat diubah menjadi bagasi menambah nilai plus untuk kami. Ditambah, perintah suara di mobil Wuling Almaz RS Pro yang kami coba ini terkesan fitur yang sederhana, tapi memberikan dampak ke keamanan berkendara yang sangat signifikan.

Walaupun di kemudi tersedia tombol untuk mengontrol aspek berkendara, sebegian control dapat dilakukan dengan lebih mudah. Misalkan mengecilkan volume audio, menaikkan menurunkan suhu AC, dan banyak lagi, tanpa mata harus beralih dari jalanan.

Selain fitur terkait kenyamanan sektor interior, Advance Driver Assistance System (ADAS) di Wuling ini juga terbilang lengkap, mulai dari Lane Keeping Assistance, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking dan masih banyak lagi. Harus diakui, ini nilai jual terbesar Almaz. Dengan Rp 402 jutaan (OTR Jakarta), Anda mendapatkan SUV dengan fitur bantu berkendara dan kenyamanan yang sangat lengkap. 

360

Buat kami yang paling terasa membuat hidup lebih mudah, adalah fitur kamera 360. Fitur ini membuat manuver dalam berkendara menjadi sangat amat mudah. Blind spot yang selama ini tidak terlihat menjadi transparan. Parkir dipinggir selokan dengan body mobil Wuling Almaz RS Pro yang cukup bongsor menjadi sangat mudah, tanpa ada rasa takut ban kejeblos masuk selokan. Tidak hanya sekedar bermanfaat untuk parkir, dalam kondisi kemacetan pun fitur ini sangat menolong kami bermanuver membelah kemacetan lalu lintas.

Hampir semua fitur ke kinian yang menjadi syarat keamanan dan kenyamanan mobil modern tersedia di mobil Wuling Almaz RS Pro ini. Ditambah lagi fitur Wuling Remote Control (IOV) yang menghubungkan mobil Wuling yang kita miliki dengan handphone. Lengkap sudah. Rasanya untuk fitur dengan harga yang ditawarkan Wuling di angka 402.000 juta membuat mobil ini menjadi sebuah pilihan yang sulit untuk diabaikan.  

Mesin

Di sektor mesin, Wuling Almaz RS Pro ini menggunakan mesin 1500cc (1451cc). Konfiguraswinya macam mobil pada umumnya,  4 silinder DOHC. Ditambah Dual Variable Valve Timing (DVVT) dan Turbocharger. Daya yang dihasilkan sebesar 140 hp pada 5.200 rpm, dengan torsi puncak 250 Nm yang muncul di 1.600 sampai 3.600 rpm.

Dan terus terang, sepertinya ini adalah kelemahan terbesar Almaz sejak dulu. Kami terasa agak kedodoran menggendong body berpelat tebal plus fitur fitur interior yang ada.  Di mode ECO, konsumsi bahan bakar menurut kami masih di bawah ekspektasi.

Meski begitu, transmisi mampu menterjemahkan lemparan daya dari mesin dengan baik. Dan pastinya menjadi lebih responsive ketika masuk mode sport. dengan konsekuensi penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Kesimpulan

Kekurangan di sektor pengereman yang terasa kurang halus menurut kami, dan kekurangan disektor mesin yang terasa kurang mumpuni menggendong bobot mobil ini, serta konsumsi bahan bakar yang cukup boros terobati oleh kelebihan yang tersedia.

Buat kami, Wuling Almaz Pro RS ini punya tempat yang unik di belantara mobil SUV sekelasnya. Unik karena kelebihan fiturnya, build quality yang baik dan kemewahan interior yang  rasanya sulit ditemukan pada merek lain dengan harga yang ditawarkan Wuling.

Jujur, Wuling berhasil merebut hati kami sekeluarga. Tidak lagi kami memandang merek ini sebelah mata. Wuling Almaz RS Pro adalah mobil yang menurut kami layak dijadikan partner keluarga.

 

 

 

 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top