Tiga Orang Di Balik Perpindahan Lewis Hamilton Ke Ferrari

Tiga Orang Di Balik Perpindahan Lewis Hamilton Ke Ferrari

Musim balap Formula 1 (F1) 2024 belum dimulai, tapi berita untuk musim depan sudah bikin penasaran. Perpindahan Lewis Hamilton dari Mercedes-AMG F1 Team ke Scuderia Ferrari mulai 2025 meramaikan ranah berita F1. Ini disebut sebagai perpindahan pembalap paling heboh untuk abad 21.

Pertanyaannya, kenapa Lewis harus pindah? Siapa yang mendorong pembalap Inggris paling sukses ini untuk hijrah? Jawabannya ada di beberapa orang di bawah ini.

Loic Serra

Orang di balik kepindahan Lewis Hamilton ke Ferrari

Foto: Las Motorsport

Loic Serra adalah Performance Director di tim F1 Mercedes. Engineer asal Perancis ini berbeda pandangan dengan Technical Director Mike Elliot soal pengembangan W13 dan W14. Seperti diketahui, dua mobil itu memiliki performa melempem selama musim 2022 dan 2023. Lewis, dikabarkan sangat sependapat dengan Loic. Sayangnya, mereka kurang didengar oleh timnya sendiri. 

Akhirnya, Serra ditarik oleh bos tim kuda jingkrak F1, Fred Vasseur untuk bergabung memperkuat tim Scuderia Ferrari. Kepindahan Loic Serra tersebut jadi faktor penentu keputusan Hamilton.

Fred Vasseur

Fred Vasseur

Foto: Planet F1.com

Vasseur adalah Team Principal Scuderia Ferrari sejak musim 2023. Sebelumnya, ia memimpin Alfa Romeo Sauber. Pria Perancis ini sesumbar saat mulai memimpin Ferrari, “Kami akan bersuara lantang (di balapan F1)!” Sekarang, itu jadi kenyataan. Pertama ia tarik Loic Serra, lalu Lewis Hamilton.

Hubungan Vasseur dengan Hamilton juga bukan hal baru. Bahkan terbilang istimewa. Vasseur adalah orang yang bertanggung jawab atas kesuksesan Hamilton saat membela tim ART di F2 dan F3. Saat itu, Fred yang jadi bosnya. ia membimbing pembalap kegendaris ini sehingga bisa sukses seperti sekarang.

John Elkann

John Elkann Ferrari

President Ferrari, Jon Elkann

Ia adalah presiden Ferrari. Elkan jadi salah satu faktor utama Ferrari berani mendekati Lewis Hamilton hingga akhirnya tanda tangan kontrak untuk dua musim. Konon nilainya sampai US $100 juta setahun. Elkann diketahui sering ‘nongkrong bareng’ dengan pembalap Inggris itu. Bahkan beberapa kali ia mencoba membujuk Lewis untuk jadi pembalapnya. Namun ditolak.

Dikabarkan BBC, Scuderia Ferrari tengah dalam masa negosiasi kontrak dengan pembalapnya, Carlos Sainz Jr, sebelum Elkann mencium adanya kemungkinan perpindahan Lewis Hamilton ke Ferrari. Dan memang kejadian. Kini Carlos Sainz harus cari tempat baru.


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top