VinFast Hadir di Indonesia, Bangun Pabrik Senilai US $200 Juta

VinFast Hadir di Indonesia, Bangun Pabrik Senilai US $200 Juta

VinFast mungkin nama yang cukup muda di industri otomotif. Merek ini berasal Vietnam, dan merambah berbagai penjuru dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada dan benua Eropa. Kini, dipastikan VinFast hadir di Indonesia. Memanfaatkan IIMS 2024 sebagai lahan untuk perkenalan ke publik.

Kami pernah membahas soal VinFast beberapa waktu lalu. Produk mereka cepat diterima di negara asalnya, sebagai merek yang menjual mobli untuk berbagai segmen. Bahkan segmen premium juga diseriusi, berbekal platform yang berbagi dengan BMW.

Untuk Indonesia, mereka akan masuk dengan kendaraan listrik. Belum disebutkan yang mana, tapi, “VinFast dengan bangga meluncurkan produknya secara resmi di pasar Indonesia pada IIMS 2024 mendatang. Kami bertujuan menawarkan pilihan transportasi yang lebih ramah lingkungan kepada pelanggan dan berkomitmen menemani mereka sepanjang perjalanan kepemilikan kendaraan listrik. Kami berharap dapat menginspirasi pasar untuk mengeksplorasi potensi tak terbatas dari masa depan mobilitas yang modern dan berkelanjutan,” ujar Tran Quoc Huy, CEO VinFast Indonesia.

Lebih menarik lagi, VinFast sebelumnya mengumumkan investasi dalam pembangunan pabrik perakitan di Indonesia. Tidak tanggung, dengan nilai investasi US $200 juta, kapasitas produksinya hingga 50.000 kendaraan listrik, pertahun. Optimisme? Mungkin. Yang pasti, pabrik di Indonesia tidak hanya memproduksi kendaraan untuk pasar domestik, tapi juga akan memperkuat rantai pasokan dan daya saing VinFast secara global. Alias untuk ekspor.

Deretan Mobil LIstrik

Vinfast VF 9 
Photo: Wikipedia

Secara global, VinFast memiliki beberapa produk EV yang cukup menarik. Tahun 2022 lalu, mereka memperkenalkan VF 8, atau dikenal juga dengan nama VF e35. Di balik kulitnya, tergantung varian, terpasang motor listrik tunggal menggerakkan roda depan (FWD), atau sepasang motor listrik (AWD). Tenaganya mulai dari 201 hp, 348 hp dan 402 hp. Dua yang terakhir itu berlaku untuk VF8 AWD. Baterainya antara 82 atau 87,7 kWh. Memberikan jarak tempuh antara 399 km hingga 470 km.

Diperkenalkan di tahun yang sama, produk terbaru mereka yang kedua adalah Vinfast VF 9 yang memiliki tiga baris kursi. Hadir dalam format AWD, motor listriknya menghasilkan 402 hp. Dengan baterai 106 kWh, diklaim memberikan jarak tempuh hingga 482 km.

Kedua mobil ini didesain oleh rumah desain Pininfarina, di Italia. Tentunya bukan nama yang asing karena mereka adalah desainer yang diandalkan oleh Ferrari. Di luar itu, Vinfast punya pilihan model yang lebih kecil seperti VF5, VF6, VF 7 atau VF e34. Mana yang akan diperkenalkan di Indonesia, masih belum diketahui. Kita tunggu saja di IIMS 2024.


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top