Xiaomi SU7, Arti Kehadiran Mobil Pertama Pembuat Ponsel

Xiaomi SU7, Arti Kehadiran Mobil Pertama Pembuat Ponsel

Xiaomi, yang dikenal sebagai pembuat alat elektronik akhirnya memperkenalkan Xiaomi SU7. Sebelumnya, Anda mengenal mobil ini sebagai MS11. Inilah mobil pertama buatan mereka yang dirakit di fasilitas pabrik milik produsen mobil China, BAIC. Bukan sekedar memperkenalkan, tapi sedan ini punya arti tersendiri buat mereka.

SU7 adalah sedan dengan performa tinggi. Bahkan Xiaomi percaya diri mobil ini bisa bersanding dengan Porsche Panamera. Inilah yang mereka harapkan akan menjadi batu loncatan untuk menjadi produsen otomotif dunia. Bahkan sampai mentargetkan masuk dalam jajaran lima besar dunia.

SU7 jadi batu loncatan untuk Xiaomi

Tentunya itu bukan target untuk besok atau tahun depan. Tapi Xiaomi berencana untuk masuk lima besar pembuat kendaraan dalam jangka waktu 15 sampai 20 tahun mendatang. Dan kalau melihat SU7, mobil ini punya segala yang diperlukan untuk menggebrak. Contoh, Chris Bangle ikut campur tangan mendesain mobil ini. Meski statusnya sebagai konsultan. Dari sisi performa. Diklaim punya tenaga 663,5 hp dari dua motor listrik (AWD). Torsinya 838 Nm. Xiaomi SU7 juga diklaim memiliki jarak tempuh hingga 800 km (CLTC), didapat dari baterai berkapasitas 101 kWh.

Berdiri di atas platform bernama Modena, SU7 memiliki panjang 4.997 mm, lebar 1,963 mm. Dimensi ini menyentuh ranah sedan premium macam Mercedes-Benz S-Class atau Porsche Taycan. Tingginya 1.440 mm dengan wheelbase 3.000 mm. Memberikan ruang lutut sebesar 105 mm di belakang. Kapasitas bagasi belakang 517 liter. Di depan tersedia ruang penyimpanan 105 liter.

mobil xiaomi

Bentuknya, seperti yang bisa Anda lihat, agak kurang orisinal. Seperti terinspirasi dari berbagai sedan mahal yang ada. Body-nya dibekali berbagai lubang udara untuk mendukung pendinginan dan aerodinamika.

HyperEngine Series

Sementara kabinnya terlihat sederhana tapi modern. Dan tidak perlu terkejut kalau sistem telematika dan multimedia di mobil ini didukung prosesor Qualcomm Snapdradgon 8295 System on Chip (SoC). Layar di dashboard berukuran 16,1 inci dengan kemampuan resolusi 3K. Menariknya, tidak semua kendali disimpan di layar. Masih ada tombol fisik untuk pengaturan. Infotainment beroperasi menggunakan Xiaomi HyperOS. Yang mengejutkan, sistem operasi ini juga mendukung Apple Carplay dan Airplay.

interior SU7

Xiaomi memberikan penjelasan yang lumayan panjang soal teknologi tiga penggerak elektrik yang mereka kembangkan. Pertama, arsitektur kelistrikannya adlah 800 volt. Lalu, mereka menghasilkan dua motor listrik yang mampu berputar hingga 21.000 rpm. Keduanya masuk dalam keluarga penggerak listrik bernama HyperEngine V6 Series. Ingat, V6 itu hanya nama. Tenaganya adalah 295 hp/400 Nm dan 369 hp/500 Nm.

Yang ketiga lebih spektakuler. Disebut sebagai HyperEngine V8 Series, mampu berputar hingga 27.200 rpm dan menggelontorkan daya hingga 570 hp/635 Nm. Penggerak ini baru akan tersedia untuk produk mendatang yang akan hadir 2025 nanti.

Baterainya disediakan oleh CATL, yang bisa memberikan jarak tempuh 212 km hanya dengan charging selama lima menit. Atau 500 km dalam 15 menit! Sayang harga Xiaomi SU7 belum diumumkan. Mereka akan mulai memasarkan mobil ini tahun 2024. Di China dulu tentunya. 


Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top